Cara Stem Gitar Tanpa Tunner



Kalian bingung dengan gitar yang fals? ngga ada alat buat stem? Senar gitar putus? ok kita flash back dulu

Masih ingat kah temen-temen dipostinganku yang pertama yaitu tentang Dasar Bermain Gitar (Standar Tune Gitar). Nah bagi aku tahap dasar bermain gitar itu sangat penting dan memiliki banyak pengaruh buat temen-temen yang pengin bisa main gitar apalagi pas lagi main gitar eh malah fals gitarnya kn garing ketika gitar fals kita pasti males buat mainnya.

Aku masih inget banget waktu bapa ku ngajarin aku main gitar. Dia mengajariku mulai dari yang paling dasar yaitu mengenai Standar Tune. Nah apa sih hubungannya Stem Gitar dengan Standar Tune ? Jawabannya akan aku bahas dipostingan kali ini mengenai Cara Stem Gitar Tanpa Tunner.

Sering banget temen-temen aku yang bisa main gitar tapi minta di stem in gitarnya. Setelah pas aku tanya mengenai standar tune/nada dasar pada gitar dia malah ngga tau padahal dia udah bisa main gitar sama lagu.

Untuk itu tidak usah khawatir Kalian pasti bisa ko stem gitar. Ok langsung aja ikuti langkah-langkahnya bareng aku :

1. Temen-temen harus tau mengenai Standar tune gitar karena setiap senar di petik itu memiliki nada ini berguna untuk nyetem gitar dengan cara manual maupun tunner.
berikut urutannya:
        Senar 1 = E (Paling bawah)
        Senar 2 = B
        Senar 3 = G
        Senar 4 = D
        Senar 5 = A
        Senar 6 = E (Paling atas)


2. Nah kalo udah ngerti standar tune gitar langkah selanjutnya stem gitar di senar no 1 dulu. caranya adalah putar dlayer sampe senar pertama berbunyi nada E. nah gimana sh biar kita tau kalo itu nada E apa bukan. Kalo aku pribadi sih pake lagu yang ada nada E nya dan aku ikut nyamain sampe bener-bener pas. Kalo ngga ada lagu aku biasa nya main felling jadi aku putar dlayer sampe kira2 itu udah nada E. Nah langkah yang pertama ini sedikit main felling.

3. Selanjutnya petik senar nomor 2 dengan menekan senar di fret ke 5 dan samakan nadanya dengan senar nomor 1

Gambar :


4. Petik senar nomor 3 dengan menekan senar di fret ke 4 dan samakan nadanya dengan senar nomor 2

Gambar :


5. Petik senar nomor 4 dengan menekan senar di fret ke 5 dan samakan nadanya dengan senar nomor 3

Gambar :


6. Petik senar nomor 5 dengan menekan senar di fret ke 5 dan samakan nadanya dengan senar nomor 4

Gambar :


7. Petik senar nomor 6 dengan menekan senar di fret ke 5 dan samakan nadanya dengan senar nomor 5

Gambar :


Mudah kan ? Langkah-langkah diatas adalah pemahamanku tentang stem gitar. Sebenernya mudah hanya saja ketika kalian stem gitar itu harus sabar dan nada/tune nya harus bener-bener pas. Untuk itu samain bener-bener nadanya walaupun hanya sedikit putaran didlayernya.

Stem gitar pakai tunner juga sama kita harus tau standar tune nya hanya saja lebih mudah kita tinggal puter aja dlayer nya terus petik senarnya dan ngga main felling.

Itu saja materi yang sedikit dari aku semoga bisa bermanfaat buat temen-temen . Ikuti terus yah diblogku ini tunggu update selanjutnya mengenai seputar gitar dan pembelajarannya.

(Baca juga Mengenal Nama Bagian Gitar)