Mengenal Bagian-Bagian Gitar Akustik Dan Fungsinya




Sebelum kita melanjutkan materi belajar gitar alangkah baiknya jika kita mengenal terlebih dahulu Nama-Nama Bagian Gitar Akustik. Disini saya akan membahas Mengenai Bagian-Bagian Pada Gitar Akustik. Banyak dari kita jago main gitar tapi tidak tau bagian-bagian gitar itu sendiri.

Sebelum lanjut, aku ada sedikit cerita nih waktu itu aku lagi ngobrolin bareng temen-temen mengenai gitar pada saat itu aku udah bisa main gitar tp aku ngga tau nama-nama bagian gitar itu sendiri hanya beberapa. Alhasil aku cuma mlongo dengerin temen-temen ngobrolin gitar.

Pada postingan kali ini kita coba belajar mengenal bagian-bagian gitar.


Keterangan :
1. Kepala (Headstock)
Kepala gitar akustik terdapat di bagian gitar paling atas. Kepala gitar ini berbahan baku kayu yang pada bagianya terdapat Tunner dan Nut. Di kepala gitar juga biasanya terdapat brand atau merek. 

2. Nut
Nut adalah sebuah bantalan kecil yang digunakan untuk menyangga ke-6 senar gitar agar bunyi yang keluar terdengar nyaring. Selain itu nut biasanya berwarna putih. 

3. Tunner 
Tunner berfungsi untuk menyetem gitar. 

4. Fret
Umumnya, pada gitar akustik fret berjumlah 19 buah. Fungsi fret untuk menentukan nada pada senar.

5. Leher (Neck) 
Leher gitar adalah tempat tangan kiri kita memegang gitar. Jangan membeli gitar yang leher nya melengkung karena leher gitar yang bagus adalah yang lurus sempurna. 

6. Penghubung
Penghubung adalah kayu solid yang digunakan untuk menghubungkan antara leher (neck) dengan badan gitar (body). 

7. Badan (Body) Bentuk badan gitar sangatlah beragam, dan tergantung dari selera pembuat gitar. 

8. Bridge 
Fungsi bridge untuk mengaitkan senar gitar pada body gitar. 

9. Soundboard
Soundboard adalah kotak resonansi suara pada gitar. Soundboard ini berbentuk seperti tabung yang di dalamnya terdapat ruangan yang berfungsi untuk meresonansikan suara dari senar gitar, sehingga suara dari senar akan lebih nyaring dan lebih keras. 

10. Lubang Suara
Lubang suara adalah bagian yang digunakan sebagai akses dari soundboard. Getaran dari senar gitar yang muncul akan melewati lubang ini sebelum bunyi diresonansikan oleh soundboard gitar. 

11. Senar (String) 
Jenis senar gitar sangatlah beragam karena setiap senar mempunyai karakteristik suara yang berbeda-beda. Jumlah senar gitar akustik ada 6 buah, dan masing - masing senar juga memiliki nada yang berbeda-beda yaitu E, A, D, G, B, E' (Standard Tuning). 

12. Saddle 
Saddle adalah bantalah yang terdapat pada bridge gitar. Fungsi saddle sama dengan fungsi nut yaitu agar suara senar gitar terdengan nyaring. 

13. Fingerboard/Fretboard
Fingerboard adalah bagian dimana kita menempatkan jari-jari kita untuk menekan senar pada fret tertentu. Finger board terdapat pada bagian depan dari leher gitar (Neck). 

NB : Pada gitar elektrik juga sama hanya saja terdapat pick up yaitu untuk menghasilkan bunyi pada gitar elektrik tersebut

Semoga postingan tentang mengenal bagian-bagian gitar akustik memberikan sedikit manfaat buat kalian. Semangat dan tetap berusaha stay terus di blogku tunggu update selanjutnya mengenai pembelajaran gitar.