Belajar Gitar Paling Dasar - Standar Tune Gitar



Kalian masih bingung tentang tahap awal belajar gitar? ngga ada yang ngajari?. Ok kalian ngga usah bingung di blog ini aku akan membahas tentang belajar gitar paling dasar. 

Sebelum ke materi sedikit cerita tentang aku belajar bermain gitar.Dulu waktu kelas 3 SD (Sekolah dasar) aku diajarin main gitar. pada saat itu aku udah bisa menguasai chord-chord dasar bahkan chord balok (barre) dan 1 buah lagu daerah yaitu gugur bunga. Jujur pada saat itu aku ngga suka main gitar karena aku lebih suka main bola dan permainan anak-anak lainnya (maklum masih bau kencur).

Setelah masuk SMK aku jadi ingin belajar gitar kembali apalagi pada saat MOS lihat penampilan kakak kelas main band. Distulah aku giat banget buat belajar gitar ditambah aku punya bekal chord-chord dasar waktu aku belajar gitar dulu. Aku ngga nyangka dalam waktu singkat aku dapat menguasainya dengan baik berkat latihan keras dan liat video-video di youtube dan aku gabung grup band di SMK ku. Sebenernya masih banyak cerita dan pengalaman yang aku pengin ceritain tp langsung aja dah.

Dipostingan ini aku mau ngasih sedikit tips gimana sih cara belajar gitar dengan baik dan benar  dan yang pasti paling dasar. Di blog ini kita akan bahas tuntas dari mulai Tune ,chord sampe tekhnik bermain scale dll. Untuk itu sering-sering buat mampir yah.

Jadi untuk awal belajar bermain gitar langkah yang paling utama yaitu mengenal "Tune/Nada"




Keterangan :
1. Senar 1 jika dipetik adalah Tune/Nada E
2. Senar 2 jika dipetik adalah Tune/Nada B
3. Senar 3 jika dipetik adalah Tune/Nada G
4. Senar 4 jika dipetik adalah Tune/Nada D
5. Senar 5 jika dipetik adalah Tune/Nada A
6. Senar 6 jika dipetik adalah Tune/Nada E

Jadi setiap senar yang kita petik itu memiliki nada untuk menghasilkan chord-chord dan melody. Semoga postingan pertama aku bisa bermanfaat buat temen-temen mengenai Belajar Gitar Paling Dasar "Standar Tune/Nada Gitar".

Tunggu postingan aku selanjutnya yah, "Sedikit demi sedikit lama-lama jadi bukit"

Sedikit dokumentasi pas aku perform biar agan-agan terus semangat belajar gitarnya :





Untuk melihat Videoku pas perform temen-temen bisa lihat di Youtube ku | https://www.youtube.com/c/SogiMaulana